Categories
Madu

Apa Itu Enzim Diastase? Simak Pengertian dan Manfaatnya!

Enzim diastase merupakan enzim yang ditambahkan oleh lebah pada saat proses pematangan madu. Diastase (amilase) mencerna pati maltosa dan relatif stabil terhadap panas dan lama penyimpanan. Enzim ini juga banyak mengkatalisis konversi gula lainnya dan terutama bertanggung jawab untuk pola gula pada madu.

Enzim ini terkadang jarang diketahui oleh masyarakat di sekitar karena jarang ada informasi tentang topik ini. Mau tahu lebih lanjut? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih detail apa isi dari kandungan madu secara rinci.

Peran Diastase

Diastase memiliki peran penting untuk menilai kualitas madu dan digunakan sebagai indikator kemurnian madu karena enzim tersebut berasal dari tubuh lebah. Nilai minimum dari diastase dalam SNI adalah 3 diastase number (DN). Aktivitas enzim tersebut akan berkurang akibat dari penyimpanan dan pemanasan madu. Di beberapa Negara aktivitas enzim diastase digunakan sebagai indikator untuk kemurnian dan kesegaran madu (Azeredo,2003).

Baca juga: Manfaat Madu Untuk Kecantikan, Mencerahkan Wajah Secara Alami!

raw honey dari madu asli madu onggu 

Enzim diastase 

berdasarkan uji statistik aktivitas enzim ini antara madu karet dan madu rambutan tidak berbeda (P>0,05). Berdasarkan Tabel 1, aktivitas enzim ini pada madu karet sebesar 11,89 ±0,14 DN dan madu rambutan sebesar 11,58 ±0,21 DN hal tersebut dikarenakan kemampuan lebah dalam menghasilkan air liur itu sama sesuai pendapat Achmadi (1991) menyatakan bahwa Enzim ini dihasilkan oleh air liur lebah dan menunjukkan semakin tinggi nilai enzim tersebut maka semakin banyak liur lebah yang terdapat pada madu. Semakin tinggi kandungan enzim diastase yang diperoleh, maka madu tersebut mencerminkan kemurniannya.

Pemanasan pada suhu di atas 40ºC menyebabkan aktivitas enzim diastase menurun bahkan pada suhu tinggi menyebabkan enzim tersebut mati. Pemanasan juga menyebabkan kerusakan pada madu yang dicirikan dengan meningkatnya indikator HMF (Hidroxy Methyl Furfural) yang terjadi akibat terdegradasinya gula madu (Darmawan dan
Retno, 2011).

Bagaimana? Sudah paham tentang enzim ini? Jika artikel ini sangat bermanfaat, boleh di-share ke temen-temen. Siapa tahu artikel ini sangat cocok bagi yang ingin memulai budidaya madu.

Baca juga: 7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Dari Aroma Hingga Rasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.